Senin, 31 Januari 2011

Profil STAN



Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia. STAN berada dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Program pendidikan yang dijalankan bertujuan untuk mencetak calon-calon abdi negara yang ahli di bidang keuangan negara dengan berbagai spesialisasi keahlian seperti akuntansi, perpajakan, kebendaharaan negara, kepabeanan dan cukai, pajak bumi dan bangunan/ penilai, dan kepiutanglelangan.

Para mahasiswa akan ditempa dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi pemerintah lainnya seperti Kementerian BUMN, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ).


Visi
Menjadi perguruan tinggi terbaik di bidang keuangan dan akuntansi sektor publik.

Misi
Menghasilkan tenaga ahli dalam bidang keuangan dan akuntansi sektor publik yang bermoral tinggi dan berwawasan global;
Melaksanakan penelitian di bidang keuangan dan akuntansi sektor publik; dan
Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang keuangan dan akuntansi sektor publik.

Program Studi dan Spesialisasi
Untuk calon mahasiswa lulusan SMA, STAN memiliki dua pilihan program studi, yaitu Diploma I (D I) untuk masa belajar 1 tahun dan Diploma III (D III) untuk masa belajar 3 tahun. Selain itu bagi lulusan STAN yang sudah bekerja dengan masa kerja minimal 2 tahun, dapat melanjutkan kembali pendidikannya di STAN melalui program studi Diploma III khusus (D III Khusus) dan Diploma IV (D IV).

Saat ini, STAN mempunyai 5 Spesialisasi pendidikan yaitu:

  1. Akuntansi
  2. Pajak
  3. Bea Cukai
  4. Pajak Bumi Bangunan/ Penilai
  5. Kebendaharaan Negara
  6. Piutang dan Lelang


Setiap tahun, program studi dan spesialisasi yang dijalankan oleh STAN bias saja berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan program studi yang dijalankan disesuaikan dengan kebutuhan pegawai di instansi-instansi pemerintah yang membutuhkan. Untuk penerimaan STAN tahun 2009, program studi yang dijadikan pilihan adalah:

  • Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Anggaran/Kebendaharaan Negara
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Biaya Kuliah
Sampai saat ini, STAN tidak memungut biaya apapun selama mahasiswa mengikuti perkuliahan di kampus STAN.

Sistem DO (Drop Out)
STAN memberlakukan sistem gugur/ DO pada mahasiswanya. Artinya, STAN menerapkan standar minimal nilai dan absensi kehadiran kuliah yang harus dipenuhi mahasiswa. Bila tidak terpenuhi maka mahasiswa yang bersangkutan “dikeluarkan” dari STAN.Kriteria DO yang dipakai lembaga adalah:

Memperoleh nilai D pada Mata Kuliah Umum (MKU) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK), lebih dari 2 nilai D pada Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK), atau nilaia E pada semua mata kuliah.

Indeks Prestasi (IP) semester ganjil di bawah 2,4 (dua koma empat) atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) semester genap (pada tahun ajaran yang sama) kurang dari 2,75 (dua koma tujuh lima).

Tidak menghadiri kuliah lebih dari 20% jam efektif kecuali ada keterangan sakit rawat inap dari dokter.
Selain itu STAN dapat mengeluarkan mahasiswanya jika terbukti berbuat curang saat ujian (mencontek, kerja sama, dll).

Penempatan Lulusan
Lulusan Program Diploma I dan Program Diploma III dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penempatan di lingkungan Kementerian Keuangan antara lain di Sekretariat Jenderal, Badan Kebijakan Fiskal, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Bapepam/ LK, Inspektorat Jenderal, Dirjen Pajak, Dirjen Anggaran, Dirjen Perimbangan Keuangan, dan Dirjen Pengelolaan Utang.

Sementara instansi di luar Kementerian Keuangan antara lain Kementerian BUMN, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penerimaan Mahasiswa Baru
Penerimaan mahasiswa baru STAN biasanya dilakukan di bulan Juni. Penerimaan ini menunggu pengumuman dari lembaga.



0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa memberikan komentar di bawah ini.

BERITAHU TEMANMU!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites